30.8.14

Nggambleh Makrokosmos


Hell-o!!

Apakah jika badan kita terasa lemas, itu berarti kita kurang daya? kurang energi? Bisa jadi. Bisa jadi kita kekurangan asupan makanan yang mengandung energi. Itu artinya energi tidak diproduksi secara otomatis oleh tubuh. Tubuh membutuhkan sumber energi dari luar, yaitu makanan. Bisa berupa sayuran, daging, nasi, roti atau yang lain. Sumber  energi berasal dari alam, dari bumi yang kita tinggali. Kita membutuhkan makan untuk beraktivitas, kendaraan butuh gas untuk beroperasi. Malam dan barang eletronik butuh listrik.


Dari sisi etika, jelas eksploitasi dicap sebagai tindakan yang bernilai negatif. Tapi, sekarang ini, sepertinya memang seperti itu kenyataannya. Porsi konsumsi lebih besar daripada porsi pemeliharan dan pengembangan. Efeknya? Jika barang langka, harga menjadi melonjak. Bisa dibayangkan ketika kita tergantung pada satu sumber energi saja. Bisa dipastikan akan terjadi kekacauan.


Baru-baru ini, seseorang bernama Florence Sihombing terancam dipidanakan karena dia, disebut di media, menyerobot antrian kendaraan saat mengisi bahan bakar. Padahal akar permasalahannya,  terlepas dari kondisi sosial-ekonomi-politik, peristiwa tersebut terjadi lebih karena terbatasnya sumber energi.

Dari kacamata orang awam seperti saya, selagi saya tidak bisa menemukan sumber energi baru, saya berusaha untuk ngirit energi. Hal-hal kecil yang saya yakini bisa menghemat energi adalah:

  • mematikan motor ketika apill menunjukkan lampu merah
  • bbm habis naik sepeda atau jalan kaki
  • tidak menginstall terlalu banyak aplikasi pada telepon genggam, komputer, dan laptop
  • menolak menggunakan kantong plastik ketika barang belanjaan hanya sak ndulit
  • mandi sekali sehari
  • makan makanan pokok selain yang bersumber dari beras  

Itu kalau saya, Supaya apa? Supaya yang bakal lahir dikemudian hari, generasi setelah kita, jika memang sumber energi lain tidak bisa ditemukan lagi, mereka masih bisa mencicipi (sedikit) hidup menggunakan sumber energi dari alam kita ini.


Mungkin kalian punya trik sendiri untuk meretas keterbatasan sumber energi ini. Intinya, hiduplah untuk orang yang akan hidup setelah kita. Karena apa sih yang bisa kita beri pada orang lain dengan segala keterbatasan kita ini?


Go Hacking!!

2 comments:

  1. mas maaf mas koreksi. itu fs mau dipidana bukan gr2 nyerobot antrean, tapi karena kata2nya di path. skali lg maap lho ini mas bukannya sok tau atau gmn. hehe muah!

    ReplyDelete
  2. yeesss... trims koreksinya. mungkin kalimatnya tidak pas, maksud ane akar permasalahan dari terseretnya fs jadi pesakitan adalah karena dia nyrobot antrian bensin. baru kemudian fs bereaksi dijejaring sosialnya.

    ReplyDelete